Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Categories

Blogroll

Blogger templates

Rabu, 29 Mei 2013

MY CAMINO GUITAR - Sejarah



Salah satu peristiwa yang paling traumatis dalam hidup saya adalah ketika seorang teman lama jatuh, menyentuh tanah keras dan patah lehernya. Beberapa mungkin akan lega untuk mengetahui bahwa 'teman lama' itu bukan orang, atau bahkan hewan peliharaan. Aku tidak terlalu lega: itu adalah gitar saya. Itu sepotong kayu dan aku kembali jauh, pada kenyataannya, untuk masa remaja saya, (yang lebih jauh lagi daripada aku mau mengakui). Dia menderita penyiksaan saya, ketidakmampuan saya, kata-kata kejam saya, dan penelantaran. Dia mengambil menyalahkan untuk setiap bagian saya tidak bisa bermain, setiap catatan gelandangan bahwa saya sepenuhnya harus disalahkan atas. Nada yang buruk dan kurangnya proyeksi! Ini adalah tuduhan sehari-hari yang tersandung lidah seseorang yang tidak berlatih cukup. Tapi pada hari yang menentukan, mengumpulkan sisa-sisa hancur dan menempatkan mereka keluar dari pandangan di loteng, aku dihibur. "Kau tidak tahu apa yang Anda punya 'til itu hilang", menggemakan kata-kata dari lagu yang aku telah memetik tanpa berpikir sebagai anak-anak, belum tahu arti sebenarnya.

Beberapa bulan kemudian, memiliki sebuah tabung lem kayu yang kuat, dan kemauan untuk mendengar suaranya lagi, saya dipulas perekat murah hati atas luka-lukanya dan dijepit fragmen yang bersama-sama, untuk jangka waktu yang ditentukan dari dua puluh empat jam. Menunggu tampak berkesudahan, tapi aku tahu lebih baik daripada untuk menekankan sendi sebelum kekuatan penuh tercapai. Aku mengamati hasil saya. Dia telah kehilangan penampilannya, pasti. Tetesan perekat kering adalah seluruh tempat. Sebagai seorang anak aku ingat menjadi lebih rapi daripada ini - selalu mewarnai dalam garis, scrapbooks yang bisa dibanggakan. Ini tampak seperti pengerjaan setengah-wit! Tidak peduli. . . Biarkan saja dia cukup baik untuk bermain lagi.
Aku bijaksana memperketat setiap string satu putaran pada suatu waktu - butiran keringat dihiasi keningku. Perlahan tapi pasti aku membawanya sampai ke lapangan. Keyakinan rapuh saya tumbuh menjadi diri selamat. Saya hati-hati menempatkannya pada lutut saya, membentuk lembut 'A' akord minor pada fret-board. Sebelum tangan kanan saya memiliki kesempatan untuk memetik senar, ada berderit menyenangkan dan kemudian dentingan bencana. Bits gitar tergantung lemas di tangan saya, wajah saya berubah menjadi potret putus asa.
Bertahun-tahun kemudian, dengan kegagalan kolosal ini menempatkan keluar dari pikiran, saya mengembangkan keinginan besar untuk membuat gitar klasik saya sendiri. Saya terdaftar di sebuah kursus pengantar dijalankan oleh luthier lokal (yaitu pembuat atau Bengkel instrumen senar). Itu pendidikan singkat - karena pindah rumah - tetapi saya mengambil beberapa keterampilan pertukangan. Sebelum pergi, saya disajikan malu saya, gitar hancur, ke kelas. Pada saat itu, tanpa alasan yang dapat saya pikirkan, saya telah diampelas dan tergores papan suara untuk menghapus beberapa dari banyak penyok dan goresan.
"Ck, ck," tegur guru saya, "gitar klasik tidak boleh kembali selesai - itu akan merusak suara."
Aku memerah karena malu.
Dia mengintip label dalam lubang suara dan mengangguk - itu adalah pembuat ia mendengar. Menekan jembatan, dimana senar menempel pada permukaan bergetar, ia mencatat sedikit fleksibilitas, dan menggeleng. Itu bukan gitar yang baik, ekspresinya menyatakan, seperti yang ia katakan samping dan bergerak cepat ke hal-hal lain.
Saya merasa heran bahwa sesuatu yang saya telah begitu dihargai dapat diberhentikan dengan cara yang begitu begitu saja.
"Yah, bisa saya tidak memperbaiki leher?" Balasku, "er. . hanya sebagai latihan? "
Dia berbalik padaku seolah-olah aku gila, tapi melihat hanya tampilan sungguh-sungguh - ekspresi langka bagi saya memang - menyarankan saya membuat headstock baru (di mana mesin tala dilengkapi) dan setengah leher, yang hati-hati aku bisa kawin ke kayu asli. Saya mulai bekerja sekaligus. Itu adalah tugas yang rumit dan menyerap. Saya kehilangan semua jejak waktu sampai pekerjaan selesai. Dan saya harus mengatakan itu tampak perbaikan yang sangat meyakinkan - hampir tidak terlihat dengan mata telanjang.
Ini tetap menjadi perbaikan yang sangat meyakinkan selama sekitar satu minggu.
Selama ini saya menemukan (atau ditemukan kembali?) Bahwa guru saya benar: itu bukan gitar yang sangat baik setelah semua. Waktu telah meminjamkan cahaya yang sangat mawar berwarna ke ingatan saya. Kemudian ketika saya mendengar celah yang berbeda, dari ikatan antara kayu baru dan cara memberikan tua, saya frustrasi tapi tidak patah hati. Itu masih menjadi latihan yang layak.
Itu gitar tua mendekam di loteng untuk mungkin sepuluh tahun lagi, keluar dari pandangan dan keluar dari pikiran.
Pada tahun 2010, istri saya menyelesaikan bagi kita untuk berjalan Camino de Santiago mulai mengikis saya tidak akan ke. Meskipun demikian, 2010 adalah tahun yang kudus, itu akan terlalu populer bagi seseorang saya sangat anti-sosial disposisi. Dia harus setuju, suasana hati saya tahun 2010 tidak cocok dengan semangat haji toleransi, kebaikan Kristen dan persahabatan.
Pada awal tahun 2011, alasan memakai tipis. Pertahanan saya menyuarakan paling keras adalah kebutuhan saya untuk berlatih gitar - teratur! Tidak adanya 1-2 bulan tak terpikirkan!
Carol tampak benar-benar puncak-jatuh. Tapi ini kemenangan sukacita-kurang kehendak, tidak bagi saya baik. Aku merasa mengerikan dan diam-diam merenungkan kemungkinan, tanpa mengangkat harapan nya. Aku teringat gitar di loteng. Satu-satunya kemungkinan kebangkitan adalah untuk membangun sebuah leher yang sama sekali baru. Selain itu, jika leher ini bisa dibuat dilepas, saya mungkin memiliki gitar portabel yang seharusnya, meteran saya dikonfirmasi, hanya cocok dalam tangan penyisihan bagasi Easyjet itu.
Idenya adalah inspirasi. Jika itu berhasil saya tidak akan pernah harus terbang gitar-kurang lagi. Dalam keadaan seperti itu saya akan senang untuk menemani istri saya pada setiap perjalanan panjang, ke mana saja di bumi - baik, asalkan dia membuat sandwich.

0 komentar:

flag counter

Flag Counter

About Me

aLLhoeSKA_REGGAE
Lihat profil lengkapku